Monday, April 2, 2012

Masa Prasejarah (Nirleka)


Masa prasejarah atau nirleka (nir: tidak ada, leka: tulisan) adalah istilah yang digunakan untuk merujuk kepada dimana catatan sejarah yang tertulis belum tersedia. Zaman prasejarah dapat dikatakan bermula pada saat terbentuknya alam semesta, namun umumnya digunakan untuk mengacu kepada masa dimana terdapat kehidupan dimuka bumi dimana manusia mulai hidup.
Batas antara zaman prasejarah dengan zaman sejarah adalah mulai adanya tulisan. Karena tidak terdapat peninggalan tertulis dari zaman presejarah, keterangan mengenai zaman ini diperoleh melalui bidang-bidang, seperti Paleontologi, Astronomi, Biologi, Geologi, Antropologi, dan Arkeologi. Dalam artian bahwa bukti-bukti prasejarah hanya didapat dari barang-barang dan tulang-tulang di daerah penggalian situs sejarah.
Periodisasi Masa Prasejarah dan Bentuk Temuannya:
1.      Zaman Batu
Zaman Batu terjadi sebelum logam dikenal dan alat-alat kebudayaan terutama dibuat dari batu di samping kayu dan tulang. Zaman batu ini diperiodisasi lagi menjadi 3 zaman, antara lain:
a.       Zaman Batu Tua (Paleolitikum)
Zaman Batu Tua atau Paleolitikum, disebut demikian sebab alat-alat batu buatan manusia masih dikerjakan secara kasar tidak diasah atau dipolis.
Alat-alat yang dihasilkan, antara lain: kapak genggam/perimbas, alat-alat dari tulang binatang atau tanduk rusa dan Flakes dari batu Chalcedon (untuk mengupas makanan).
b.      Zaman Batu Tengah (Mesolitikum)
Pada Zaman Mesolitikum di Indonesia, manusia hidup tidak jauh berbeda dengan Zaman Paleolitikum, yaitu dengan berburu dan menangkap ikan, namun manusia pada saat itu juga mulai mempunyai tempat tinggal agak tetap dan bercocok tanam secara sederhana.
Alat-alat yang dihasilkan nyaris sama dengan Zaman Paleolitikum yakni masih merupakan alat-alat batu kasar yang disebut Abris Sous Roche berupa kapak genggam, kapak pendek, pipisan, alat serpih, kapak persegi, dan alat-alat dari tulang. Ditemukan bukit-bukit kerang dipinggir pantai yang disebut Kjoken Mondinger (sampah dapur). Manusia pendukungnya adalah bangsa Papua-Melanosoid.
c.       Zaman Batu Muda (Neolitikum)
Ciri utama pada Zaman Batu Muda atau Neolitikum adalah alat-alat batu buatan manusia yang sudah diasah atau dipolis sehingga halus dan indah. Alat-alat yang dihasilkan antara lain: kapak persegi, kapak batu, perhiasan dan kalung dari batu, pakaian dari kulit, dan tembikar. Manusia pendukung Neolitikum adalah Austronesia (Austria), Austro-Asia (Khamer-Indocina).
2.      Zaman Logam
Pada Zaman Logam atau biasa disebut Zaman Perundagian, orang sudah dapat membuat alat-alat dari logam disamping alat-alat batu. Teknik pembuatan alat logam ada dua macam, yaitu dengan cetakan batu yang disebut Bivalve dan dengan cetakn tanah liat dan lilin yang disebut A Cire Perdue. Zaman Logam ini dibagi atas
a.       Zaman Perunggu
Zaman Perunggu atau yang disebut juga dengan kebudayaan Dongson-Tonkin Cina ini sudah mencampur tembaga dengan timah dengan perbandingan 3:10 sehingga diperoleh logam yang lebih keras.
Alat-alat perunggu pada zaman ini, antara lain: kapak corong, nekara perunggu, bejana perunggu, dll.
b.      Zaman Besi
Pada zaman ini orang sudah dapat melebur besi  dari bijinya untuk dituang menjadi alat-alat yang diperlukan. Teknik peleburan besi lebih sulit dari teknik peleburan tembaga maupun perunggu sebab melebur besi membutuhkan panas yang sangat tinggi, yaitu ±35000C. Alat-alat besi yang dihasilkan antara lain: mata kapak bertungkai kayu, mata pisau, mata sabit, mata pedang, cangkul, dll.

Antara Zaman Neolitikum dan Zaman Logam telah berkembang kebudayaan Megalitikum atau kebudayaan Batu Besar, yaitu kebudayaan yang menggunakan media batu-batu besar sebagai alatnya, bahkan puncak kebudayaan Megalitikum justru pada Zaman Logam. Hasil kebudayaan Megalitikum, antara lain:
  1. Menhir, tugu yang dibangun untuk pemujaan terhadap arwah-arwah nenek moyang.
  2. Dolmen, meja batu yang dibangun untuk pemujaan terhadap arwah nenek moyang.
  3. Sarchopagus/keranda atau peti mati.
  4. Punden berundak, tempat pemujaan bertingkat.
  5. Kubur batu, peti mati yang terbuat dari batu besar yang bisa dibuka tutup.
  6. Arca/patung batu, simbol untuk mengungkapkan kepercayaan mereka.

1 comment:

  1. Joker: Masa Prasejarah (Nirleka) >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Joker: Masa Prasejarah (Nirleka) >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Joker: Masa Prasejarah (Nirleka) >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete