Monday, April 2, 2012

Tips dan trik bagi gitaris pemula


Mungkin ada yang berpikir betapa sulitnya bermain gitar, tetapi sebenarnya gitar adalah salah satu alat musik paling mudah dimainkan. Selain mengasyikan, harmoni gitar terdengar sangat merdu di telinga kita. Alat musik gitar adalah alat musik yang memiliki rentang oktaf yang unik, misalnya nada C dapat dibunyikan sama walaupun  dipetik dengan senar yang berbeda. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan bagi pemula dalam mempelajari alat musik gitar, yaitu:


  1. Memiliki gitar sendiri;
  2. Mempunyai minat dan niat dalam bermain gitar;
  3. Gigih dan tekun mempelajari gitar;
  4. Tidak bosan apabila sudah mahir bermain gitar; dan
  5. Berbagi ilmu dengan teman yang lain seputar gitar.
Seperti halnya alat musik yang lain, gitar memiliki sejumlah akord berdasarkan tangga nada natural. Secara garis besar, akord tersebut dibagi menjadi beberapa sub-akord seperti, Mayor, Minor, Sustaned, Diminished, dll. Bagi para pemula, sebaiknya mempelajari akord yang dasar saja seperti akord Mayor dan Minor. Ingat, jika menemukan akord yang sulit, jangan berpikir bahwa kamu tidak bisa memainkan lagu dengan akord tersebut. Berdasarkan pengamatan saya, akord yang paling sulit dimainkan adalah akord III, IV, V, dst. Dimana posisi akord dimulai dari jari telunjuk yang memblok fret sehingga menaikan oktaf sesuai akord tersebut dari posisi normal (Palang).
Ada beberapa cara yang mudah memainkan akord tersebut, salah satunya yaitu membuat ruang di telapak tangan dengan ibu jari menekan neck gitar untuk membuat jari tidak terlalu kaku ketika kita memainkan akord tersebut. Senar akan berbunyi ketika senar ditekan hingga senar melengkung diantara batang fret walaupun tidak menyentuh neck
Cara alternatif lain adalah memainkan akord dengan hanya menekan 3 senar saja yaitu senar I, II, dan III. Tetapi cara ini memiliki kelemahan, yaitu kamu memetik akord secara tidak sempurna. Kamu hanya bisa memainkan akord dengan memetik 3 senar saja dan kualitas soundnya kurang dari yang aslinya. Cara tersebut sebaiknya digunakan bagi pemula yang sama sekali tidak memiliki basic bermain gitar.
Kamu bisa mulai mempelajari akord gitar dan juga teknik-teknik memetik gitar dengan membeli buku khusus mengenai gitar dan juga mengembang teknik bermain gitar kamu menjadi lebih baik dari sekarang. Bagi para pemula sebaiknya mempelajari lagu-lagu yang mudah agar tidak cepat jenuh mempelajari gitar, kemudian setelah mahir, coba kamu mempelajari teknik bermain melodi dengan memainkan senam jari "tangga nada". Setelah itu, kamu bisa mempelajari tabulasi atau partitur lagu. Tips mempelajari sebuah lagu, yaitu:
  1. Carilah lagu kesukaanmu dan akordnya (biasanya ada di dalam buku kumpulan lagu-lagu);
  2. Pelajari dengan tekun lagu tersebut;
  3. Yakin bahwa kamu bisa memainkannya; dan
  4. Latihlah lagu tersebut hingga kamu yakin bisa memainkannya tanpa bantuan teks.
Jangan cepat menyerah mempelajari gitar, selain terlihat lebih cool, daya imajinatif kamu menjadi lebih baik sehingga menghasilkan karya yang bagus. Selain itu, melatih mental juga di perlukan. Sering-seringlah kamu menunjukan kebolehan kamu memainkan dihadapan teman-teman kamu. Jangan puas dengan kemampuanmu yang sekarang, sering-seringlah memperbaiki dan memnyempurnakan teknik bermain gitar kamu sehingga kamu bisa menjadi gitaris propesional!
Semoga berhasil!!!

No comments:

Post a Comment