Wednesday, November 28, 2012

DIKLAT JURNALISTIK UKPM-UH XX

Jumat. 23 November 2012│14.16 WITA
Peniel Chandra



Pendidikan dan Pelatihan Jurnalistik Unit Kegiatan Pers Mahasiswa Universitas Hasanuddin (DIKLAT Jurnalistik UKPM-UH) yang ke-20 dilaksanakan tahun ini, cukup mendapat perhatian dari mahasiswa Unhas.
Di tahun 2012 ini, peserta Diklat cukup banyak. Dari beberapa fakultas di Unhas, untuk diklat kali ini, hanya sebagian saja yang mengikuti diklat.
Kegiatan kali ini, dilaksanakan mulai dari tanggal 12 Oktober 2012 dan akan berakhir pada bulan Desember. Materi-materi Diklat UKPM-UH XX dilaksanakan setiap dua kali seminggu, yakni pada Hari Selasa dan Jumat bertempat di ruang Forum Bersama, Gedung PKM I lantai 2, Unhas.
Pengambilan jadwal disesuaikan dengan jadwal kuliah para peserta agar tidak terganggu dengan kegiatan diklat.
Salah satu peserta diklat bernama Andre Pranata. Mahasiswa Jurusan Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Unhas ini mengaku, dia sangat tertarik dengan UKPM dan tahun ini baru sempat mengikuti diklat UKPM.
“Saya mengikuti diklat karena ingin mendalami dunia jurnalistik”, ucap mahasiswa angakatan 2010 ini. Selain itu, ia mengikuti diklat ini karena kemauannya sendiri. Adanya kegiatan-kegiatan himpunan yang cukup menyita waktu Andre, sehingga ia tidak sempat untuk mengikuti diklat sebelumnya.
Selama mengikuti Diklat UKPM, Andre merasakan dampak dari materi-materi yang diberikan. Pengaplikasian materi-materi diklat sebagian besar bisa ia terapkan, seperti wawancara dan menulis berita. “Saya merasa sangat terbantu dalam menulis karangan karena terbiasa untuk menulis berita”, ujarnya.
Kendala-kendala yang dia hadapi selama mengikuti diklat yaitu kegiatan himpunan yang bertabrakan dengan jadwal materi diklat. “Saya ingin mengikuti semua materi diklat, tapi ada urusan yang sama pentingnya dengan materi diklat”, tegas Andre.
Andre berharap, materi-materi selanjutnya tidak akan terhambat lagi dengan kegiatan-kegiatan himpunan dan menyelesaikan Diklat UKPM dengan baik.

No comments:

Post a Comment